Pemkab Badung Panen Padi Nusantara 1 Juta Hektar di Subak Aban

picsart 23 03 12 18 10 03 023
PANEN PADI - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, saat Panen Padi Nusantara 1 Juta Hektar di Subak Aban Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal, Sabtu (11/3/2023).

Mangupura, DENPOST.id

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung melaksanakan panen padi nusantara 1 juta hektar di Subak Aban Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal, Sabtu (11/3/2023). Kegiatan ini dilakukan untuk mengawali panen raya di Kabupaten Badung tahun 2023.

Acara ini dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ida Bagus Gede Arjana, BPTP Bali, Kabag Perekonomian Setda Badung, Anak Agung Sagung Rosyawati; Camat Abiansemal, IB Putu Mas Arimbawa; Perbekel Darmasaba, IB Surya Prabhawa Manuaba, serta krama Subak Aban.

Baca juga :  Selesaikan Batas Wilayah Badung-Denpasar, Giri Prasta Lakukan Ini

Kadis Pertanian dan Pangan Badung, I Wayan Wijana, S.Sos, M.Si.n mengatakan panen padi nusantara 1 juta hektar ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengendalikan harga beras. Salah satu caranya dengan meningkatkan produksi gabah yang saat ini sudah memasuki musim panen raya.

“Sehingga dari hal ini dipastikan menjelang hari raya Idul Fitri, ketersediaan beras akan mencukupi,” ujar Wijana.

Menurut Wijana, tahun 2022 produksi gabah di Badung mencapai 122.291 ton atau setara beras sekitar 69.412 ton. Sedangkan kebutuhan beras untuk seluruh penduduk sebanyak 48.270 ton, sehingga masih ada surplus 14.201 ton. Untuk tahun 2023 sampai dengan Maret, produksi gabah sebanyak 13.649 ton atau setara dengan beras sebanyak 7.714 ton. “Luas panen di tahun ini mencapai 2.082 hektar,” ungkapnya.

Baca juga :  Badung Dijatah Kuota 2.691 P3K untuk Tenaga Pendidik

Terkait panen padi yang dilaksanakan di Subak Aban, Wijana menjelaskan memiliki luas 140 hektar. Panen ini terlaksana dengan bibit padi varietas Cigeulis yang disalurkan Pemkab Badung. Hasil dari benih tersebut, sudah diakui petani dengan provitas 8,3 ton/hektar. “Panen padi nusantara 1 juta hektar ini akan berlanjut di subak lainnya. Panen antara Maret sampai Mei nanti,” jelas mantan Kabag Organisasi dan Tata Laksana Setda Badung ini. (a/115)

Baca juga :  Pemkab Badung Laksanakan Bhakti Penganyar di Pura Besakih

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini