WNA Buat Tenda di Bale Bengong Pantai Purnama Saat Nyepi Diserahkan ke Imigrasi

picsart 23 03 23 18 41 16 501
AMANKAN WNA - Pecalang Desa Adat Sukawati, saat mengamankan dua WNA yang membuat tenda di bale bengong Pantai Purnama, saat Hari Raya Nyepi, Rabu (22/3/2023).

Gianyar, DENPOST.id

Pecalang Desa Adat Sukawati, mengamankan dua orang atau sepasang warga negara asing (WNA) sedang berkemah saat Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1945 di Pantai Purnama, Rabu (22/3/2023).

Dua WNA tersebut, inisial KG (40) laki-laki dan BKW (25) perempuan. Keduanya merupakan warga negara Polandia.

Pihak pecalang sempat menegur sepasang WNA ini, namun WNA tetap kekeh dan mengaku tidak mengganggu pelaksanaan Hari Raya Nyepi. Karena kekeh, sehingga pihak pecalang berkoordinasi dengan perbekel lanjut koordinasi dengan Polsek Sukawati.

Kapolsek Sukawati, Kompol Decky Hendra Wijaya, S.I.K, M.M., dihubungi, Kamis (23/3/2023), mengatakan sesuai laporan petugas menemukan sepasang warga negara Polandia berkemah atau mendirikan tenda di atas bale bengong Pantai Purnama, Sukawati, Gianyar, dengan membawa perlengkapan berkemah. Saat ditegur pecalang setempat, sepasang warga Polandia tersebut tetap kukuh bahwa mereka mengaku tidak mengganggu pelaksanaan Hari Raya Nyepi.

Baca juga :  Jembrana Raih Penghargaan Tercepat Penyalur Dana Desa di Bali

Kepada WNA ini, Pecalang Desa Adat Sukawati menyampaikan saat Hari Raya Nyepi tidak boleh warga keluar rumah dan beraktivitas di luar rumah. Namun, dua WNA ini kekeh dan tetap menyangkal bahwa mereka tidak mengganggu hanya diam di tempat tersebut, sembari menikmati pemandangan indah Pantai Purna.

“Karena tidak menemukan penyelesaian, Polsek Sukawati dipimpin Ps. Panit 3 Intelkam Aipda IB Prawida, mendatangi TKP untuk mengamankan sepasang warga Polandia tersebut, kemudian dibawa ke Polsek Sukawati. Setelah di kantor Polisi, dua WNA ini diberikan penjelasan secara humanis oleh anggota Polsek Sukawati. Warga Polandia ini, akhirnya menyadari kesalahanya,” kata Kapolsek.

Baca juga :  Bendahara Ngaku Tak Sendiri "Nikmati" Dana APBDes Tusan

Dua WNA ini, lanjut dia mengaku terpaksa membuat tenda karena kehabisan uang bekal dan susah menemukan transport saat pangerupukan, serta pengalaman pertama liburan ke Bali. “Untuk menjaga situasi Kamtibmas Hari Raya Nyepi, akhirnya WNA ini diberikan tempat istirahat di Polsek Sukawati agar tidak mengganggu perayaan Hari Raya Nyepi. Sebagai rasa kemanusiaan, kedua warga Polandia ini juga diberikan makan dan minum oleh petugas Polsek Sukawati,” ujarnya.

Baca juga :  PPKM Turun Level, Masyarakat Diminta Tak Lengah

Selain itu, Polsek Sukawati juga melakukan koordinasi dengan pihak Imigrasi guna penanganan lebihlanjut. “Pada Kamis, dua WNA sudah diserahkan ke pihak Imigrasi Denpasar,” ucap Kapolsek Sukawati. (116)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini