Polisi Buru Bule yang Berkelahi dengan Pemangku di Ubud

jro
TEMUI JRO MANGKU - Kanit Intelkam Polsek Ubud Iptu Ngakan Nyoman Jaya Wijaya (kiri) saat menemui Jro Mangku Budi Utama pasca berkelahi dengan bule di Ubud. (DenPost.id/ist)

Gianyar, DenPost.id

Polisi kini memburu seorang bule yang berkelahi dengan jro mangku di Jalan Raya Ubud, tepatnya di depan SMPN 1 Ubud, Minggu (23/4/2023). Adegan perkelahian itu awalnya viral di media sosial (medsos) hingga banyak mendapat komentar dari kalangan netizen.

Kapolsek Ubud  Kompol I Made Uder, Selasa (25/4/2023), mengatakan hasil penelusuran anggota Polsek Ubud, perkelahian itu dipicu umpatan bule yang diduga asal Rusia terhadap Jro Mangku Budi Utama (51), warga Desa Marga, Tabanan, yang tinggal di Lingkungan Desa Sumerta, Denpasar Timur.

Hasil penyelidikan Unit Intelkam Polsek Ubud yang dipimpin Kanit Iptu Ngakan Nyoman Jaya Wijaya, perkelahian itu berawal dari gesekan antarmobil saat jalan dalam kondisi macet. Kronologinya, tambah Kompol I Made Uder, pada Minggu lalu Jro Mangku Budi berencana sembahyang ke Pura Tampurhyang, Kayu Selem, Bangli, melalui jalur Ubud. Saat itu Jalan Raya Ubud dari arah simpang Kedewatan ke arah timur dalam keadaan macet dan kendaraan padat merayap. Sekitar pukul 15.00, ada mobil Mitsubishi Expander putih nopol depan F tiba-tiba menerobos dari arah barat menggunakan lajur selatan (kanan). Mobil yang dinaiki bule itu mengenai spion kanan mobil yang berada di belakang mobil Jro Mangku (diperkirakan mobil Ertiga, nopol tidak diketahui).

Tiba-tiba bule pengemudi mobil ini keluar untuk mencari Jro Mangku yang masih di dalam mobilnya. Mangku Budi menyampaikan bahwa mobil sang bule serempeten dengan mobil di belakangnya. Kemudian WNA tersebut mencari si pengemudi mobil di belakang mobil Jro Mangku. Namun dia kembali mencari Jro Mangku, lalu mengumpat. Hal itu membuat Jro Mangku Budi tak terima. Dia segera keluar dari mobil dan mencari sang bule untuk bertanya kenapa berkata kasar. Selanjutnya sang bule mengambil pecahan kaca dan mengangkat tangan sambil berkata dengan dialek Rusia. Seketika dia mendorong Jro Mangku.

Baca juga :  Objek Wisata Baru Bermunculan di Gianyar, Sajikan Wisata Spiritual

Tidak terima didorong, Jro Mangku Budi melawan. Dia sempat  menaruh udeng dan kacamata ke dalam mobil. selanjutnya terjadilah perkelahian hingga direkam seorang warga.

Kompol Made Uder menyampaikan pukulan sang bule mengenai rahang dan pelipis kiri Jro Mangku Budi, namun tak sampai luka. Dia hanya mengaku sakit pada pelipis kiri. Pukulan Jro Mangku juga sempat mengenai wajah orang asing tersebut.

Atas pertimbangan keluarga dan kerabat, Jro Mangku Budi tidak akan melaporkan kasus ini ke polisi. Walau demikian, polisi tetap memburu identitas dari warga Rusia tersebut. (yul)

Baca juga :  Jaya Negara Dirawat di RSUD Wangaya, Ini Keluhan Sakitnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini