Pemerintah Inggris Tawarkan Kerjasama dengan Gubernur Koster,  Setelah Diajak ‘’Toast’’ Kopi Campur Arak

jumat kosternya
TERIMA DUBES INGGRIS - Gubernur Bali Wayan Koster saat menerima kunjungan Dubes Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins, pada Kamis (11/5/2023) di Jayasabha, Denpasar.

Denpasar, DenPost.id

Program pembangunan Gubernur Bali Wayan Koster , yang salah satunya mengenai Bali Energi Bersih sesuai Pergub No.45 Tahun 2019 dan penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai sesuai Pergub No.48 Tahun 2019, diapresiasi Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins, pada Kamis (11/5/2023) di Jayasabha, Denpasar.
Atas apresiasi tersebut, Owen Jenkins sambil diajak bersulang kopi tanpa gula yang dicampur arak bali oleh Gubernur Koster, menyampaikan tawaran kerjasama baru yang disiapkan pemerintah Inggris kepada Provinsi Bali. Kerjasama itu menyangkut bidang  transportasi publik; energi bersih; dan digitalisasi.
Owen Jenkins menyampaikan pemerintah Inggris sangat mendukung Pola Pembangunan Semesta Berencana yang dilaksanakan Gubernur Koster. Bahkan kerjasama yang berlangsung selama ini, khususnya
di bidang pendidikan, untuk ke depan ingin diperdalam di bidang transportasi publik, energi bersih, dan digitalisasi. “Terima kasih yang sedalam-dalamnya atas komitmen Bapak Gubernur Bali untuk terus menjaga dan memperdalam kerjasama antara pemerintah Inggris dengan Bali. Saya yakinkan banyak peluang kerjasama terbuka untuk Bali dari
pemerintah kami,” ungkap Dubes Owen Jenkins.

Baca juga :  Isolasi PMI, Denpasar Siapkan Gedung KNPI dan Hotel

Dia juga menyampaikan bahwa kunjungannya ke Bali merupakan kunjungan kerja yang terakhir sebagai Dubes, setelah empat tahun menjabat menjadi Dubes Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste. Hal itu karena pada Juli 2023 masa jabatan Jenkins akan berakhir. Untuk itu, secara khusus dia datang ke Bali sebelum masa jabatannya usai, hanya ingin menemui Gubernur Koster. “Saya ke sini bersama Vice Consul British Consulate Bali, John Makin, dan Deputy Head of Second Cities, Juliana Richter, untuk menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas fasilitas yang begitu baik dalam keikutsertaan Inggris pada even Presidensi G-20 lalu. Pelayanan sempurna tidak hanya ditujukan untuk Duta Inggris yang kala itu dihadiri Perdana Menteri Rishi Sunak, namun juga kepada seluruh peserta. Sungguh luar biasa penyelenggaraan Presidensi G-20 di Bali yang memamerkan kekayaan budaya Indonesia, khususnya Bali yang berjalan sangat sukses,” tegas Owen Jenkins, sambil  berpamitan dengan Murdaning Jagat Bali asal Desa Sembiran, Buleleng, yang dikenalnya sebagai pemimpin yang tidak hanya memikirkan pengembangan infrastruktur, namun tetap menjaga alam dan budaya Bali.
Gubernur Koster juga menyampaikan terima kasih kepada Owen Jenkins yang secara khusus berkunjung ke Jayasabha. “Selama ini saya  mengenal beliau dengan sangat baik, selalu menjalin komunikasi dan koordinasi dengan penuh keramahan. Saya sangat berbahagia, beliau secara khusus ke Bali. Suatu kehormatan bagi saya, sesuatu yang tidak saya bayangkan sebelumnya. Karena itu, saya sangat mengapresiasi apa yang beliau sampaikan mengenai tawaran-tawaran kerjasama baru di beberapa bidang yaitu transportasi publik, energi bersih dan digitalisasi akan saya tindaklanjuti,” tegas Gubernur Bali tamatan ITB ini.
Mengenai bidang transportasi publik, khususnya bus listrik, menurut Koster, Bali memang mengarah ke situ. Begitu pula tawaran LRT, yang di Bali saat ini tahap feasibilty study. Hasil dari pertemuan ini akan tindaklanjuti dengan berbagai pihak untuk melakukan kerjasama di bidang transportasi publik, khususnya LRT.

Baca juga :  Lompat dari Lantai Empat, Selebgram Cantik Tewas

“Ini bisa menjadi ruang kerjasama yang bisa dibangun antara Bali dengan pemerintah Inggris. Kemudian mengenai digitalisasi, di Bali sedang berjalan program ekonomi kreatif berbasis digital, namun belum berjalan secara optimal. Tentu saja ini dan beberapa tawaran di bidang lainnya yang disampaikan oleh Dubes Owen Jenkins akan menjadi bagian dari skema kerjasama ke depan di Bali,” pungkas Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ini, sambil mengucapkan terima kasih kepada Owen Jenkins, karena sebelumnya menjalin kerjasama di bidang pendidikan, khususnya peningkatan kemampuan bahasa Inggris untuk anak-anak maupun para pegawai yang bergerak di dunia pariwisata. (dwa)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini