Tak Tahu Jalan Turun, Pendaki Asal USA Tersesat di Gunung Agung

bule usa 1
EVAKUASI - Tim gabungan Basarnas Karangasem saat mengevakuasi bule tersesat di Lereng Gunung Agung, Selasa (13/6/2023). DENPOST.id/ist

Amlapura, DENPOST.id

Seorang pendaki asal USA, Gianni Stefano (22) tersesat di lereng Gunung Agung, Selasa (13/6/2023). Dia nyasar karena tidak tahu jalan turun. Akhirnya Gianni dievakuasi tim gabungan Basarnas dan BPBD Karangasem.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, kejadian itu terjadi sekitar pukul 19.30 Wita. Korban berangkat dari hotel menuju Gunung Agung Kecamatan Rendang Karangasem. Sekitar pukul 19.30 Wita, korban menghubungi rekannya di hotel tempatnya menginap dan mengabarkan kalau korban tidak menemukan jalur turun menuju Pura Pasar Agung.

Baca juga :  Kjek Bantu Warga Belanja Online di Tiga Pasar

Kalak BPBD Karangasem, IB Ketut Arimbawa, Rabu (14/6/2023) mengungkapkan, pihaknya menerima informasi tersebut sekitar pukul 21.00 Wita. Begitu mendapat laporan, timnya langsung menurunkan 3 personel TRC Regu 1 menuju Polsek Selat untuk melakukan asesmen. “Proses pencarian dilakuan puluhan orang dari tim gabungan Basarnas, BPBD, TNI, Polri, PMI, Pemandu dan warga setempat,” katanya.

Sementara itu, Koordinator Pos SAR Karangasem, I Gusti Ngurah Eka Wiadnyana, mengatakan, Tim Rescue Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem tiba di Pos Pendakian Pura Pasar Agung, sekitar pukul 22.50 Wita dan langsung melaksanakan. briefing dan pembagian tugas untuk proses pencarian korban.

Baca juga :  Lewati Proses Kedatangan, Satu Turis Butuh Waktu 72 Menit

“Kita bergerak melakukan pencarian pukul 23:00 wita. Dan, pukul 01:55 tim akhirnya menemukan target. Untuk proses evakuasi korban berlangsung sekitar tiga jam, karena korban tiba di Posko SAR Pura Pasar Agung sekitar pukul 04:45 Wita. Setelah itu korban langsung kembali ke hotel tempat dia menginap,” jelas Eka Wiadnyana. (tim dp).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini