
Mangupura, DENPOST.id
Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Badung, Senin (13/6/2023), menggelar seminar penguatan masa transisi belajar dari PAUD-SD. Pelaksanaan seminar ini sesuai dengan arahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Seminar mengangkat tema “Diseminasi Penguatan Transisi PAUD–SD yang Menyenangkan”. Acara yang dilaksanakan di Ruang Rapat Kertha Gosana, Kantor Bupati Badung ini diikuti 150 guru SD dan 100 guru PAUD.
Kabid Pendidikan Sekolah Dasar, Disdikpora Badung, Rai Twistyanti Raharja, mengatakan, pelaksanaan seminar ini karena maraknya pandangan yang kurang tepat terkait transisi siswa dari PAUD ke SD. Di mana yang berkembang adalah para siswa harus bisa membaca saat sudah masuk ke SD, sehingga Kemendikbud mengeluarkan program-program salah satunya adalah seminar transisi tersebut.
“Jadi nanti anak-anak saat naik dari PAUD ke SD akan diberikan waktu dua minggu untuk masa transisi. Ini adalah untuk anak-anak tidak langsung belajar dari buku, tapi anak-anak belajar baca tulis yang lebih menyenangkan. Begitu juga di PAUD anak-anak akan diajarkan sesuai dengan usianya, jadi tidak memaksa yang penting anak-anak memiliki pondasi untuk penguatan karakter pada anak-anak,” papar Rai Twistyanti.
Menurutnya, kegiatan tersebut juga merupakan lanjutan dari program sebelumnya dengan pelatihan sebanyak dua kali. “Setelah ini akan dilanjutkan dengan program road show ke masing-masing kecamatan dengan target bukan hanya guru, tapi juga orang tua akan diberikan pemahaman-pemahaman supaya kita semua berada pada pemahaman yang sama,” jelasnya.
Kabid Pendidikan PAUD dan PNF Disdikpora Badung, Wayan Wirawan, menjelaskan, pendidikan kepada anak-anak di tingkat PAUD adalah membangun kemampuan pondasi. Meliputi kemampuan sosial emosional, literasi dan numerasi dasar, memiliki ahlak dan moral, bernalar kritis, serta memiliki wawasan cara berkomunikasi dengan orang lain. “Itulah yang paling penting dibangun. Ketika nanti di SD, kelas I dan II itu masih dalam masa transisi mereka masih diajarkan bagaimana ketika di PAUD anak-anak menyesuaikan,” jelas Wirawan.
Pihaknya pun berharap guru SD kelas I dan II dapat mengintegrasikan pembelajaran awal. Bukan serta merta siswa diajarkan secara langsung seperti di kelas lainnya, sehingga para siswa diberikan pembelajaran dengan cara bermain atau bercerita. “Itu tujuan kita melakukan transisi dari PAUD-SD ini. Kemudian di masyarakat tidak ada lagi miss konsepsi, baik dari orang tua, pemerhati pendidikan, atau yayasan,” pungkasnya. (a/115)