Di Karangasem, 1.133 Pemilih Tak Memenuhi Syarat

dpt 1
DPT - KPU Kabupaten Karangasem menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024, di Bugbug, Karangasem, Rabu (21/6/2023).

Amlapura, DENPOST.id

KPU Kabupaten Karangasem menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024, Rabu (21/6/2023) di Bugbug, Karangasem. Dalam penetapan DPT itu, tercatat sebanyak 1.133 jumlah pemilih dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Ketua KPU Karangasem, I Ngurah Gede Maharjana, mengungkapkan, jumlah pemilih aktif di Pemilu 2024 mendatang sebanyak 388.854 pemilih. Sedangkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebelumnya sebanyak 389. 496 pemilih. “Jumlah pemilih yang aktif ini tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Karangasem,” terangnya.

Baca juga :  Gubernur Koster ‘’Pelaspas” Fasilitas Kawasan Suci Besakih, Dipuput 13 Sulinggih di Sembilan Titik

Maharjana mengatakan, dari jumlah pemilih yang aktif, tercatat ada 1.133 jumlah pemilih yang tidak memenuhi syarat. Jumlah pemilih yang tidak memenuhi syarat itu karena berbagai alasan. Mulai dari berpindah domisili, meninggal dunia, atau alasan lain. “Kita juga menemukan beberapa hal yang membuat mereka kita keluarkan dari daftar pemilih tidak memenuhi syarat (TMS), yaitu terdaftar sebagai anggota polisi,” katanya.

Dia menjelaskan, setelah ditetapkannya DPT ini, apabila dalam kurun waktu beberapa bulan ini sampai menjelang Pemilu ada pemilih di Karangasem menikah keluar atau masuk ke Karangasem, maka itu akan ada tahapan berikutnya. Mereka akan diperkenankan untuk ikut berpartisipasi dalam memilih dengan menunjukkan KTP elektronik terbaru sesuai alamatnya.

Baca juga :  Desa Besakih Gelar Upacara Pangrapuh di Gunung Agung

“Kita masih ada tahapan, termasuk di antaranya daftar pemilih khusus (DPK). Dan untuk menyempurnakan daftar pemilih menuju Pemilu 2024, kami berharap partisipasi semua stakeholder. Caranya dengan datang ke KPU mendaftarkan diri bagi yang belum terdaftar atau melakukan perbaikan, supaya bisa kami tindak lanjuti segera,” tandasnya. (tim dp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini