DPMD dan TP PKK Badung Studi Tiru ke Batam

picsart 23 06 27 17 54 01 527
STUDI TIRU - DPMD Kabupaten Badung bersama TP. PKK Kabupaten Badung saat melakukan studi tiru ke TP. PKK Kota, Batam Provinsi Kepulauan Riau, Senin (26/6/2023).

Mangupura, DENPOST.id

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Badung bersama TP. PKK Kabupaten Badung, Senin (26/6/2023) melakukan studi tiru ke TP. PKK Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau. Rombongan yang dipimpin Kadis PMD Komang Budhi Argawa dan Seniasih Giri Prasta beserta jajaran diterima Ketua II TP PKK Kota Batam, Hj. Hariyanti Jefridin; didampingi Ketua III Umiyati; Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Kota Batam, Novi Armadiastuti beserta seluruh pengurus TP. PKK Kota Batam. Mereka diterima di Aula Engku Hamidah Kantor Walikota Batam, Batam Center.

Keesokan hari dilanjutkan dengan kunjungan lapangan terkait program HATInya PKK di Tibelat Farm yang terletak di Kelurahan Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang, Kota Batam. Di sana rombongan diterima Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Batam, Mardanis dan Camat Sekupang, Khamarul Azmi, serta pihak pengelola Tibelat Farm, Ray Shandy Stefandy. Tibelat Farm sendiri adalah pihak swasta yang bekerjasama dengan PKK Kota Batam yang terdapat perkebunan, perikanan air tawar, serta terdapat tempat belajar untuk siswa ataupun mahasiswa yang hendak belajar tentang pertanian dan perikanan air tawar.

Baca juga :  Ekonomi Tumbuh 7,07%, Himbara Semakin Optimistis

‚ÄúStudi tiru yang kita lakukan ini tujuannya adalah untuk sharing berkaitan dengan 10 program pokok PKK. Di antaranya yang menjadi atensi pusat adalah terkait penanganan stunting dan UMKM serta pemberdayaan masyarakat. Terkait dengan program penanganan stunting di Kota Batam telah dilakukan upaya-upaya melalui program pokok PKK yang dijalankan dengan pengawasan dan pendampingan dari OPD terkait dan untuk program penguatan UMKM yang bersumber dari APBD Kota Batam sangat bagus. Untuk meningkatkan eksistensi dan marketing UMKM, mereka menyampaikan bahwa modal adalah yang kedua, yang pertama adalah penguatan SDM berkelanjutan dan mempunyai kemampuan setelah itu baru diberikan penguatan modal,” jelasnya.

Lebih lanjut Budhi Argawa menambahkan, TP. PKK Kabupaten Badung dapat menggali informasi tentang program yang bagus dan dapat diadopsi dan dikombinasikan dengan program di Pemerintah Kabupaten Badung, sehingga muncul program yang terencana dan tepat sasaran.
Sementara Seniasih Giri Prasta mengungkapkan, paparan program kerja yang telah diberikan oleh Ketua II TP PKK Kota Batam tidak jauh berbeda dengan program kerja dari TP PKK Kabupaten Badung. Hanya saja ada beberapa program yang dinilai positif yang nantinya dapat diduplikasi dan diterapkan di Kabupaten Badung. Seniasih mengharapkan, ke depan ada kerjasama antara Pemkot Batam dan Pemkab Badung berkaitan dengan pemberdayaan UMKM dan Pariwisata.

Baca juga :  Pameran di Apurva Kempinski, Stephane Sensey Tampilkan Keunikan Indonesia

Hariyanti Jefridin menyambut baik kedatangan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Badung bersama TP. PKK Kabupaten Badung. “Saya ucapkan selamat datang dan terima kasih karena sudah memilih Kota Batam sebagai lokus kunjungan kerja dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa bersama TP PKK Kabupaten Badung. Ini merupakan bentuk silaturahmi, sharing informasi serta berbagi pengalaman dalam mengelola organisasi serta bagaimana kita mengimplementasikan 10 program pokok PKK. Apa yang baik di Kota Batam agar dapat dibawa dan semoga bermanfaat,” ucapnya.

Baca juga :  Polresta Luncurkan Musik Video "Garudaku Garudamu"

Di akhir acara kunjungan kerja ditutup dengan tukar cenderamata serta foto bersama. Rombongan bersama-sama mengunjungi stand UMKM yang ada di Kantor Walikota Batam dan HATInya PKK di Tibelat Farm. (a/115)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini