Akibat Bencana, Distribusi Air Bersih ke Ribuan Pelanggan Terganggu

tohlangkir
PERBAIKI - Petugas Perumda Tirta Tohlangkir atau PDAM Kabupaten Karangasem, saat memperbaiki pipa yang rusak akibat terjangan longsor. DENPOST.id/ist

Amlapura, DENPOST.id

Selain merenggut korban jiwa dan menimbulkan kerusakan, bencana alam akibat hujan deras beberapa waktu lalu juga menyebabkan distribusi air bersih ke ribuan pelanggan Perumda Tirta Tohlangkir atau PDAM Kabupaten Karangasem terganggu. Hal ini terjaid karena pipa PDAM hanyut diterjang bencana tanah longsor.

Dirut PDAM Kabupaten Karangasem, I Komang Haryadi Parwatha, Senin (10/7/2023) kemarin mengungkapkan, ada 1.000 lebih pelanggan yang kesulitan air bersih.┬áDia mengungkapkan, yang paling berdampak luas adalah karena jaringan sumber air Telaga Waja yang pompanya sempat terendam banjir, sehingga tidak bisa memompa air di sumber. Hal ini menyebabkan debit air untuk para pelanggan yang ada di Karangasem menjadi berkurang. “Kalau dipaksakan memompa, takutnya alatnya akan korslet,” katanya.

Baca juga :  Karantina di Magetelu Akan Berakhir

Manurut Haryadi Parwatha, guna memaksimalkan pelayanan kepada pelanggan, pihaknya telah melakukan perbaikan terhadap sambungan yang mengalami kerusakan. Termasuk mendistribusikan air tangki agar para pelanggan yang terdampak tidak kesulitan air bersih. (tim dp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini