Arus Balik Liburan, Lalin Menuju Pelabuhan Gilimanuk Direkayasa

pelabuhan
LENGANG - Kondisi di pelabuhan Gilimanuk pada Jumat (13/7/2023) terlihat sedikit lengang. 

Negara, DENPOST.id

Guna mengantisipasi membeludaknya arus balik musim liburan sekolah, Polres Jembrana melakukan antisipasi. Puncak arus balik diprediksi pada akhir pekan ini. Antisipasi dilakukan dengan merekayasa arus lalulintas menuju Pelabuhan Gilimanuk.

Kapolres Jembrana, AKBP I Dewa Gde Juliana, Jumat (14/7/2023) mengatakan, pihaknya akan menerapkan pola lalu lintas seperti pada Idul Fitri 2023 untuk mengantisipasi antrean di jalur utama Denpasar-Gilimanuk. “Selama ini masyarakat yang berlibur di Bali telah memahami situasi dan kondisi menuju Pelabuhan Gilimanuk. Kita harapkan mereka tidak bertolak dari Bali ke Jawa secara berbarengan karena bakal bisa menimbulkan antrean kendaraan. Selain itu, semoga cuaca dalam beberapa hari ke depan normal sehingga tidak menganggu aktivitas penyeberangan,” kata Juliana.

Baca juga :  Satgas Covid-19 Sidak Klinik "Rapid Test" di Gilimanuk

Selain melakukan rekayasa lalu lintas, pemeriksaan kendaraan, barang dan orang juga tetap dilakukan pihak Polsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk. “Sementara waktu, belum ditemukan barang-barang yang berbahaya seperti handak, sajam, senpi, serta barang terlarang lainnya,” imbuhnya.

Sementara itu, kapal motor penumpang (KMP) Jatra ll untuk sementara diistirahatkan. Sebelumnya kapal ini cukup membantu mengurai kemacetan arus balik liburan Idul Adha.
Dengan dioprasikannya kapal berkapasitas jumbo itu, penyeberangan bisa lebih lancar.
KMP Jatra ll milik PT ASDP Indonesia Ferry ( Persero) mulai diperbantukan di penyeberangan selat Bali sejak Jumat (7/7/2023) sore.
Kapal dengan panjang 55,5 meter dan lebar 12 meter dengan bobot 571 GT itu memiliki daya angkut 400 unit sepeda motor dan 100 unit mobil kecil.
(120)

Baca juga :  Jurnalis Denpost Terima Penghargaan Perempuan Berjasa dan Berprestasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini