BPJS Ketenagakerjaan Tingkatkan Layanan Peserta dengan Aplikasi e-PLKK

sabtu jamsostek
KOORDINASI – BPJamsostek berkoordinasi mengenai penjaminan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dengan BPJS Kesehatan, PT Taspen (Persero), dan PT Asabri (Persero) di Denpasar, beberapa waktu lalu. (DenPost.id/ist)

Denpasar, DenPost.id

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan terus meningkatkan layanan bagi peserta. Saat ini BPJamsostek meluncurkan aplikasi Pusat Layanan Kecelakaan Kerja atau e-PLKK.

Kepala BPJamsostek Cabang Bali, Denpasar, Opik Taufik, mengungkapkan bahwa pihaknya terus berupaya menumbuhkan kepedulian dan manfaat perlindungan BPJS kepada serikat pekerja, serikat buruh, perusahaan, dan stakeholder terkait lainnya. “Kami berharap kesadaran perusahaan dan tenaga kerja untuk bergabung dalam kepesertaan BPJamsostek,” tegasnya, Jumat (14/7/2023).

Menurut Opik, para pekerja dan perusahaan diharapkan tidak meragukan komitmen BPJamsostek dalam menjamin dan memberikan perlindungan kepada para peserta. “Bahkan kami telah berkoordinasi mengenai penjaminan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dengan BPJS Kesehatan, PT Taspen (Persero), dan PT Asabri (Persero),” bebernya, sambil menambahkan bahwa koordinasi itu sebagai penjabaran dari perundang-undangan Pasal 3 Ayat (1) Peraturan Dewan Jaminan Sosial Nomor 1 Tahun 2021.

Opik menambahkan peraturan tersebut mengisyaratkan tentang penyelenggaraan pelayanan kesehatan pada dugaan kasus kecelakaan kerja dan dugaan kasus penyakit akibat kerja. “Proteksi tersebut termasuk bagi pekerja informal atau yang masuk segmen bukan penerima upah (BPU),” ungkapnya.

Baca juga :  957 Pasien Covid-19 Sembuh di Kota Denpasar

Lebih lanjut Opik menyebut dalam mengoptimalisasi pelayanan untuk mendukung strategi kepesertaan, BPJamsostek membuat program PLKK. Program itu diharap mampu memberikan pelayanan kesehatan kuratif dan rehabilitatif. “PLKK ini tersebar di seluruh wilayah khususnya di Bali. Cukup menunjukkan kartu kepesertaan, sehingga langsung mendapat layanan, penanganan medis tanpa mengeluarkan biaya, karena ditanggung BPJS Ketenagakerjaan,” jelasnya.

Selain itu, sambung Opik, BPJamsostek meluncurkan aplikasi e-PLKK. Aplikasi ini merupakan sistem yang digunakan oleh BPJS Ketenagakerjaan untuk pengecekan validitas data kepesertaan, dan juga berfungsi untuk melaporkan kasus kecelakaan kerja bagi peserta.

Baca juga :  TK Cipta Dharma Denpasar Laksanakan Parade Budaya

Melalui aplikasi itu, peserta akan mendapat pelayanan serta penagihan pembayaran biaya perawatan serta pengobatan akibat kecelakaan kerja atau penyakit dampak kerja. “Aplikasi e-PLKK juga disediakan untuk memudahkan jejaring  dalam melakukan monitoring pembayaran tagihan,” pungkasnya. (yan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini