Lintasan Ujian Praktik Sim C Diganti Jadi Huruf S

uji sim
LINTASAN BARU - Polres Jembrana resmi menerapkan bentuk lintasan baru dalam ujian praktik SIM C, Senin (7/8/2023).

Negara, DENPOST.id

Selama ini banyak yang gagal saat mengikuti ujian praktik khususnya SIM C.
Hal ini disebabkan karena lintasan bentuk angka 8 dinilai susah.
Lintasan ujian ini kerapa menimbulkan keluhan dari para pencari SIM.
Dengan adanya kebijakan baru, Polres Jembrana resmi menerapkan bentuk lintasan baru praktik SIM C. Pada Senin (7/8/2023), sesuai dengan kebijakan dari Kakorlantas Polri melalui KEP/105/VIII/2023, Polres Jembrana mengganti lintasan bentuk angka 8 menjadi huruf S.

Lintasan huruf S dibuat dengan warna cat biru serta kuning.
Setelah lintasan selesai dibuat, pencari SIM mulai melakukan uji coba lintasan baru.
Kasat Lantas Polres Jembrana, AKP Ni Putu Meipin Ekayanti didampingi Kanit Regident Satlantas Polres Jembrana, Ipda I Gede Agus Sudiatmika, menjelaskan, lapangan uji praktik SIM C telah diubah sesuai kebijakan dari Kakorlantas Polri. Kebijakan tersebut sudah mulai dilakukan Senin ini.

Baca juga :  Polisi dan Relawan di Jembrana Sinergi Bedah Rumah Lansia

“Ujian praktik SIM C tetap mengakomodasi materi ujian selama ini, meliputi keseimbangan, U Turn, lintasan S dan reaksi rem. Keempat poin ujian praktik juga akan disatukan menjadi satu kesatuan. Di mana sebelumnya tes keseimbangan sendiri, angka 8 sendiri, zig-zag sendiri. Kalau sekarang jadi satu kesatuan, langsung di satu lintasan,” paparnya.

Selain mekanismenya, lintasan ujian SIM yang baru untuk praktik SIM C juga diperlebar. Dari yang tadinya 1,5 kali lebar kendaraan menjadi 2,5 kali lebar kendaraan. Kemudian model uji praktik yang baru memang akan memudahkan masyarakat, namun tidak mengurangi tolak ukur Polri dalam melihat kompetensi berkendara.
“Dengan begitu keselamatan tetap terjamin,” jelasnya.

Baca juga :  Desa Adat di Klungkung Daratan Sepakat Tidak Buat Ogoh-ogoh

Salah seorang pencari SIM, Kadek Yastika (48) mengatakan, untuk mendapatkan SIM dia sempat gagal 10 kali uji praktik. Kali ini dia baru lulus. ” Karena ada angka 8 itu kemarin yang buat susah. Kalau lintasan yang sekarang sudah lebih simpel dan mudah,” jelasnya.

Dengan adanya kebijakan baru berupa lintasan yang lebih simpel ini, masyarakat yang hendak mencari SIM khususnya SIM C tidak sampai mengulang beberapa kali.
“Ya sekarang lebih mudah dan simpel,” pungkasnya. (120)

Baca juga :  Kesal Dituduh Mencuri Bir, Aura Layangkan Tinju

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini