Jaga Kebugaran Tubuh, RS Puri Raharja Ajak Lansia Senam

senam
LANSIA SENAM - Sebanyak 127 lansia dengan penuh semangat mengikuti senam pagi di halaman Rumah Sakit Puri Raharja (RSPR) pada Minggu (13/8/2023). (DenPost.id/ist)

Kereneng, DenPost.id

Sejumlah warga lanjut usia (lansia) sumringah saat mengikuti instruksi dari pelatih saat mereka mengikuti senam lansia gratis di halaman Rumas Sakit Puri Raharja (RSPR), Kereneng, Denpasar Timur, Minggu (13/8/2023) pagi.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyambut hari jadi (HUT) ke-65 Provinsi Bali ke-65 dan HUT ke-78 RI. RS Puri Raharja sengaja menggelar senam kemerdekaan RI ini bersama beberapa lansia.

Baca juga :  Empat Ranperda Mulai Dibahas Pansus DPRD Denpasar

Menurut Direktur RSPR dr.Gede Bagus Darmayasa, sebanyak 127 lansia di seputar RS ini mengikuti senam lansia ini. Mereka dengan penuh semangat ikut senam demi menjaga kebugaran tubuh di hari senja.

Dokter Bagus menambahkan usia lansia¬† menurut WHO yakni 60 tahun sampai dengan 75 tahun. “Kami mendatangkan instruktur dari persatuan senam osteoporosis untuk menguatkan tulang pada lansia,” tegasnya.

Menurut Dokter Bagus, senam ini memang sangat baik untuk para lansia. “Untuk menjaga imun tubuh kita, maka perlu aktivitas fisik, dan perlu olahraga ringan untuk melancarkan aliran darah, sehingga oksigen yang masuk mampu menguatkan daya ingat,” jelasnya.

Baca juga :  Pasien Baru Covid-19 Sebanyak 313

Dokter sekaligus pelukis ternama ini mengingatkan akan pentingnya melakukan cek kesehatan di usia senja, mulai dari cek gula darah, teroid, hingga elektrolit darah. “Hindari makanan berminyak seperti gorengan, kafein, daging merah, apalagi merokok. Kemudian juga hindari makanan tinggi zodium/garam, minunan bersoda, dan yang manis-manis,” ungkapnya. (yad)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini