BDF 2023 Semarakkan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI

picsart 23 08 13 17 55 51 761
RANGKAIAN HUT - Konferensi pers rangkaian kegiatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, yang dipimpin Penjabat Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana, Minggu (13/8/2023).

Singaraja, DENPOST.id

Buleleng Development Festival (BDF) digelar pertama kali untuk menyemarakkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun 2023. Hal tersebut, terungkap saat konferensi pers rangkaian kegiatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, yang dipimpin Penjabat (Pj) Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana, di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT), Kelurahan Banyuasri, Kecamatan Buleleng, Minggu (13/8/2023).

Dalam pemaparannya, Lihadnyana menjelaskan BDF tahun 2023 menonjolkan sisi pelayanan publik dan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang tengah dilakukan Pemerintah Kabupaten Buleleng. Tema ini diambil, mengingat perekonomian di Buleleng bisa bergerak maju ketika 62 ribu pelaku UMKM bisa bergerak pula. Pergerakan UMKM tersebut, membutuhkan sebuah pelayanan publik oleh pemerintah.

Baca juga :  Dua Kampung Loloan Adakan Silaturahmi di Atas Jembatan Syarif Tua

“Pelayanan publik seperti apa. Pelayanan publik yang pasti, murah, transparan dan cepat dalam penyelesaiannya. Serta tidak ada lagi istilah bayar membayar,” jelasnya.

Oleh karena itu, dalam BDF tahun 2023 akan dibuatkan miniatur pelayanan publik tersebut. Pelayanan publik yang menggunakan sistem dan ada Standar Operasional Prosedur (SOP) nya. Pembuatan miniatur pelayanan publik dalam BDF 2023 ini dilakukan sebelum Mal Pelayanan Publik (MPP) yang sebenarnya rampung dikerjakan.

Baca juga :  Giliran Kantor LPD Anturan Digeledah Penyidik Kejari Buleleng

“Sebanyak 17 instansi, baik itu instansi vertikal maupun perangkat daerah akan digabungkan pelayanannya dalam MPP tersebut. Uji cobanya ada di miniatur pelayanan publik dalam kegiatan BDF 2023,” ujar Lihadnyana.

Sementara Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sekda Buleleng yang juga Ketua Panitia Tetap (Pantap) Hari-hari Besar Nasional, Putu Karuna menyebutkan BDF 2023 akan berlangsung selama sepuluh hari dari, 15 sampai dengan 24 Agustus 2023. BDF didesain untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan menghadirkan miniatur pelayanan publik. Dalam BDF juga disediakan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat secara digital. (118)

Baca juga :  Ditinggal Pergi, Rumah Ludes Terbakar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini