APBD Perubahan Badung Tahun 2023 jadi Rp 8,5 Triliun Lebih

dewan
RAPAT - Badan Anggaran (Banggar) DPRD Badung melakukan rapat kerja bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Badung, Rabu (20/9/2023).

Mangupura, DENPOST.id

Badan Anggaran (Banggar) DPRD Badung melakukan rapat kerja bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Badung, Rabu (20/9/2023). Rapat yang dipimpin Ketua DPRD Badung, I Putu Parwata dan dihadiri seluruh anggota Dewan Badung tersebut membahas hasil evaluasi Gubernur terhadap APBD Perubahan 2023. Hadir pula Ketua TAPD yang juga Sekda Badung, I Wayan Adi Arnawa serta pimpinan OPD terkait.

Berdasarkan hasil evaluasi Gubernur yang dibacakan Putu Parwata, total APBD Perubahan 2023 menjadi Rp 8,554 triliun lebih, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp 6,5 triliun lebih, total pendapatan Rp 7,4 triliun lebih, belanja operasi Rp 5,2 triliun lebih, belanja modal Rp 1,3 triliun lebih, belanja transfer Rp 1,8 triliun lebih dan total belanja Rp 8,523 triliun lebih.

Parwata mengatakan, setelah dilakukan evaluasi oleh Gubernur, dilakukan kesepakatan kembali antara Banggar DPRD dengan TAPD Badung untuk penetapan APBD Perubahan 2023. “Pemerintah dan DPRD kita samakan persepsinya. Apakah ada yang prinsip secara substansi harus kita lakukan perubahan,” terangnya.

Berdasarkan evaluasi Gubernur, lanjutnya, tidak ada perubahan yang prinsip. Menurutnya, hanya diminta untuk mempertajam penetapan APBD. “Ada defisit Rp 1,3 triliun, itu kita tutup dari silpa. Maka dikurangi dari penyertaan modal Rp 31 miliar. Jadi sekarang APBD Badung Rp 8,5 triliun lebih dan Pendapatan Daerah Rp 7,4 triliun,” paparnya.

Dia mengapresiasi perangkat daerah dalam hal melaksanakan target-target pendapatan. Sekretaris DPC PDI Perjuangan itu meminta Bapenda agar fokus mengejar target yang harus dicapai. “Sampai bulan ini, pendapatan sudah melampaui tiap bulan itu Rp 600 miliar. Jadi, dengan kedatangan tamu per hari itu lebih dari 21 ribu proyeksinya, saya pikir mereka yakin ini bisa tercapai. Sekarang percepat eksekusinya, gitu aja,” tegasnya.

Sementara Sekda Badung, I Wayan Adi Arnawa mengaku optimistis APBD Perubahan 2023 Badung tercapai. “Ya, astungkara. Sekarang, kita melihat dari situasi sekarang, mudah-mudahan tetap konsisten ya, kelihatannya sih saya masih optimislah,” katanya.

Saat ditanya permintaan Dewan untuk mempercepat eksekusi, Adi Arnawa menyebut wajar. “Ya kan wajar dong, artinya setelah evaluasi turun, dalam rangka pembangunan di Badung, lebih cepat kan lebih baik. Ngapain ditunda-tunda,” imbuhnya. (a/115)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini