Pedagang Pasar Tumpah di Jl. Waturenggong Kembali Ditertibkan

picsart 23 09 26 15 31 04 357
PENERTIBAN - Tim Penertiban dan Penataan Pedagang Pasar Tumpah di kawasan Pasar Sanglah, kembali melakukan penertiban, Selasa (26/09/2023).

Dauh Puri Kelod, DENPOST.id

Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar, Selasa (26/09/2023), kembali melakukan penertiban terhadap pedagang pasar tumpah di Jalan Waturenggong, Desa Dauh Puri Kelod, Denpasar. Penertiban dilaksanakan lantaran pedagang tersebut melanggar ketertiban dengan berjualan di trotoar dan badan jalan, sehingga memicu kekroditan lalu lintas di kawasan tersebut.

Direktur Utama Perumda Pasar Sewakadarma, Ida Bagus Kompyang Wiranata, mengakui pihaknya secara rutin melakukan penertiban pedagang pasar tumpah di kawasan Pasar Sanglah. Guna melakukan penertiban pihaknya telah membentuk tim penertiban dan penataan. Selain itu, penertiban juga didukung Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Desa Dauh Puri Kelod. ‘’Penertiban akan dilakukan secara berkelanjutan, sampai nanti kawasan tersebut betul-betul tertib,’’ kata Kompyang Wiranata.

Dikatakan pula, penertiban pedagang pasar tumpah ini bukan berarti melarang mereka berjualan. Melainkan, kata Kompyang Wiranata, pihaknya ‘’mengorbankan’’ sebagian areal parkir Pasar Sanglah sebagai tempat berjualan. ‘’Pedagang yang ditertibkan, diarahkan untuk berjualan di areal parkir Pasar Sanglah,’’ katanya.

Tercatat ada sekitar 30 pedagang yang selama ini berjualan di badan jalan dan trotoar, yang selanjutnya direlokasi ke areal parkir. Selain itu, ada juga pedagang yang berjualan di pelataran toko, sudah dipanggil Satpol PP Kota Denpasar. Pasalnya, mereka yang berjualan di pelataran toko dikategorikan tidak melanggar, namun perlu dicarikan solusi. ‘’Para pedagang yang ditertibkan bukannya dilarang berjualan, tapi diarahkan berjualan di areal parkir,’’ ujarnya.

Menurut Kompyang Wiranata, penertiban sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu, dan akan berlanjut sampai kawasan tersebut betul-betul tertib. Sebelum ditertibkan, pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi agar pedagang tidak berjualan di badan jalan atau trotoar, karena akan mengganggu kelancaran lalu lintas, khususnya di Jalan Waturenggong depan Pasar Sanglah. ‘’Intinya tim Perumda Pasar akan secara rutin melakukan penertiban dan penataan, sehingga nantinya kawasan tersebut betul-betul tertib,’’ kata Kompyang Wiranata. (kar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini