Renovasi Gedung DPRD Kota Denpasar Dekati Rampung

picsart 23 10 01 14 31 49 193
DIREHAB - Gedung DPRD Denpasar, terutama kanopi serta beberapa fasilitas lainnya tengah direhab.

Dangri, DENPOST.id

Renovasi beberapa bagian gedung dewan sejak Mei lalu, kini sudah mendekati rampung. Mengingat, proyek perbaikan kanopi di area loby gedung mengalami deviasi positif atau maju dari target yang ditetapkan.

Itu dikatakan Kepala Dinas PUPR Denpasar, AA Ngurah Bagus Airawata, Minggu (1/10/2023). “Pengerjaan proyek gedung dewan tinggal sedikit lagi. Karena akhir Septeber 2023 lalu, sudah mencapai 83,53 persen. Ini terjadi deviasi positif, karena seharusnya baru 78 persen,” ujarnya.

Perbaikan ini dilakukan pihak rekanan, setelah melalui proses tender. Perbaikan ini menelan anggaran Rp466.744.000. Pelaksana proyek dilakukan oleh CV Karya Putra Jayengara dengan waktu pengerjaan 150 hari.

Airawata mengatakan proyek tersebut, telah tandatangan kontrak per 19 Juni 2023. Pengerjaan meliputi perbaikan area lobby dewan, pengerjaan waterproof di ruang pertemuan bagian utara, pekerjaan di ruang VVIP lantai 2 (ruang transit), serta pekerjaan elektrikal. Pengawas dalam proyek ini, yakni CV Rancang Cipta Semesta dengan konsultan perencana CV Jepun Mas Bali.

Sementara Sekretaris DPRD Denpasar, Ir. I Gde Made Bhaju Pravita,MM., mengatakan perbaikan gedung dewan tahun ini dilakukan dengan dua metode. Perbaikan rutin berupa perbaikan cat di gedung sekretariat dan pergantian keramik di belakang ruang sidang dilakukan dengan menggunakan dana dari sekretarit dewan. “Karena merupakan perbaikan rutin, anggarannya dari sini (sekretariat dewan) melalui penunjukan langsung,” ujar pejabat asal Tabanan itu.

Sedangkan untuk perbaikan kanopi depan yang mengalami bocor dananya cukup besar, sehingga dilakukan melalui tender. “Itu ditangani pihak PUPR. Semua dilakukan di sana, mulai tender hingga pengerjaan,” tambahnya.

Sebelumnya, renovasi ruang sidang juga sempat dilakukan pada tahun 2016 yang menyedot anggaran Rp4,3 miliar. Renovasi saat itu, merubah ruang sidang agar lebih refresentatif. Pengerjaan renovasi tersebut juga dengan waktu selama 150 hari. Pelaksananya PT. Mahardika Griya Prasta dengan konsultan pengawas PT Bikarma.

Saat bersamaan juga dilakukan penataan pura dan halaman gedung dewan. Penataan ini juga menelan dana Rp1,5 miliar. Pengerjaan penataan halaman dan pura ini dilakukan pada, Juli 2016 dan berakhir Desember 2016, dengan pelaksana CV Karya Alam Sentosa dengan pengawas CV Manar Jaya. (105)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini