Low Season, Kunjungan Wisatawan ke Goa Lawah Menurun

goa lawah 1
GOA LAWAH - Sejumlah wisatawan ketika berkunjung ke Objek Wisata Goa Lawah, Klungkung, Selasa (3/10/2023).

Semarapura, DENPOST.id

Kunjungan wisatawan mancanegara ke Objek Wisata Goa Lawah di Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Klungkung mulai menurun. Bahkan, penurunan mencapai 30 persen. Hal tersebut terjadi sejak bulan Juli lalu. Namun pengelola Objek Wisata Goa Lawah menyebut kondisi ini wajar terjadi karena memasuki low season.

Seperti yang disampaikan panitia Pura Goa Lawah, Putu Juliadi, Selasa (3/10/2023). Menurut dia,  penurunan kunjungan wisatawan mancanegara sudah terlihat pada bulan Juli dan Agustus 2023. Yang mana di bulan tersebut, dalam sehari kunjungan hanya berkisar di angka 130 sampai 150 wisatawan. Padahal sebelumnya, jumlah wisatawan yang datang berkunjung ke objek wisata  yang dikenal dengan goa kelelawarnya ini lebih dari 200 orang sehari.

“Kondisi ini sudah biasa terjadi di tiap tahunnya. Sekarang sudah memasuki low season, bukan musim liburan bagi wisatawan mancanegara,” ungkap Putu Juliadi.

Walaupun kunjungan wisatawan menurun, situasi ini diyakini tidak akan berlangsung lama. Mengingat pada akhir tahun nanti, biasanya kunjungan wisatawan akan normal lagi. Sejauh ini, kunjungan ke Objek Wisata Goa Lawah masih didominasi oleh wisatawan Eropa. Utamanya dari Negara Spanyol, Italy, termasuk juga Rusia. Sedangkan untuk wisatawan domestik, menurut Putu Juliadi jumlahnya masih tergolong kecil.

“Wisatawan domestik memang tidak banyak yang berkunjung ke sini (Goa Lawah). Mungkin mereka tidak terlalu tertarik dengan objek wisata bernuansa adat dan budaya,” imbuhnya.

Sementara untuk tarif masuk ke Pura Goa Lawah masih di angka Rp 25 ribu untuk wisatawan mancanegara dan Rp 15 ribu untuk wisatawan domestik. Ditambah dengan biaya sewa kamen (kain) dan selendang sebesar Rp 5.000 per orang. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini