Pelajar SMA Tinggalkan Rumah Karena Masalah Keluarga

picsart 23 10 15 19 29 41 474
SAMBANGI - Anggota Polres Klungkung, saat menyambangi kediaman keluarga Ni Kadek DY, Sabtu (14/10/2023).

Semarapura, DENPOST.id

Setelah sembilan hari tidak kunjung pulang ke rumahnya, jajaran kepolisian dari Satuan Reskrim Polres Klungkung, akhirnya berhasil menemukan keberadaan Ni Kadek DY (16). Pelajar SMA yang tinggal di wilayah Besang Kangin, Kelurahan Semarapura Kaja ini, ditemukan di salah satu rumah kos di wilayah Denpasar Timur, Jumat (13/10/2023).

Belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan siswi kelas X SMA di Kota Semarapura ini, kabur dari rumahnya. Tapi informasi di lapangan, Ni Kadek DY disebut-sebut meninggalkan rumah karena dilatarbelakangi permasalahan keluarga, sehingga ia nekat meninggalkan rumah tanpa menitip pesan apapun.

Pihak kepolisian dari Polres Klungkung juga terus melakukan pendampingan dengan menyambangi kediaman orang tua Ni Kadek DY. Termasuk menyambangi kediaman paman Ni Kadek DY, Sabtu (14/10/2023). Apalagi setelah ditemukan, Ni Kadek DY tetap tidak mau pulang ke rumah orangtuanya dan memilih tinggal bersama pamannya.

“Kami dari pihak kepolisian sudah menyambangi rumah orangtuanya (Ketut Laba) untuk memberikan solusi, menyelesaikan masalah yang dialami orang tua. Termasuk memberikan win win solusi dari masalah yang dialami keluarga dan menyarankan orang tua agar lebih memperhatikan anak, serta tidak melakukan kekerasan terhadap anak,” ungkap Kasi Humas, Iptu Agus Widiono.

Menurut Agus Widiono, pihak kepolisian berhasil mengetahui keberadaan Ni Kadek DY, setelah mendapat informasi dari keterangan wali kelasnya yang mengatakan kalau Ni Kadek DY sudah tidak bersekolah sejak, 2 Oktober lalu. Bahkan ada juga nomor HP tidak dikenal mengirim pesan WA ke wali kelasnya meminta izin untuk tidak sekolah.

“Berbekal nomor handphone tersebut, anggota kami langsung melakukan pengecekan. Setelah dicek, panggilan itu berasal dari wilayah Sumerta Kauh, Denpasar Timur,” ungkap Agus Widiono.

Setelah mengetahui lokasi panggilan tersebut, pihak kepolisian langsung berkoordinasi dengan kepala lingkungan dan perangkat desa setempat. Dari hasil koordinasi tersebut, diketahui kalau Ni Kadek DY pernah dilihat berada di kos dekat dengan Pasar Kereneng Denpasar.

“Setelah mendapat informasi, tim
langsung melakukan pengecekan ke kos yang dimaksud dan anggota mendapati Ni Kadek DY di kos tersebut, bersama teman-teman perempuannya,” ungkapnya.

Saat ditemukan, Ni Kadek DY dalam kondisi sehat. Hanya ia tidak mau pulang ke rumah orangtuanya dengan alasan ada permasalahan dengan pihak keluarganya. Sedangkan orang tua Ni Kadek DY, yakni Ketut Laba menyadari kekeliruannya. Iapun berjanji untuk tidak mengulangi lagi perlakuan yang kurang menyenangkan kepada anaknya.

I Ketut Laba juga mengatakan akan membujuk dan mengajak Ni Kadek DY untuk pulang ke rumah. Ia juga meminta bantuan kepada pihak kepolisian agar Ni Kadek DY bisa sekolah lagi dan tidak ada intimidasi atau penafsiran kepada anaknya di sekolah, saat kembali belajar ke sekolah. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini