ACJN Rambut Siwi Mubazir

picsart 23 11 08 19 53 39 129
MUBAZIR - ACJN Rambut Siwi yang mubazir dan hingga kini belum berfungsi secara maksimal.

Negara, DENPOST.id

Anjungan Cerdas Jalan Nasional (ACJN) Rambut Siwi yang terletak di Banjar Tegak Gede, Desa Yehembang Kangin, Kecamatan Mendoyo, sejak dibangun sudah tidak berfungsi alias mubazir.
Kemudian aset ini diserahterimakan kepada Pemkab Jembrana, pada Kamis (20/10/2023).

Sejak diserahterimakan oleh pusat ke Pemkab Jembrana, ACJN Rambut Siwi juga belum maksimal dimanfaatkan. Bahkan banyak kerusakan. Saking lamanya tidak dipergunakan menjadikan anjungan tersebut, tempat parkir bagi truk bermuatan berat yang terdapat di depan pintu masuk ACJN Rambut Siwi.

Sekda Kabupaten Jembrana, I Made Budiasa, Rabu (8/11/2023), mengatakan banyak yang harus diperbaiki di ACJN Rambut Siwi.
Tahun lalu, ungkap Budiasa, beberapa panel listrik senilai kurang lebih Rp300 juta raib dan sampai sekarang pelakunya belum terungkap. “Kami juga masih menunggu keputusan bupati. Ini aset sudah diserahterimakan oleh pemerintah pusat, barang tentu harus dipergunakan sebaik-baiknya. Kita sebenarnya belum siap, bapak bupati juga sebelum diserahterimakan ingin mengusulkan perbaikan ke pusat, setelah adanya rancangan yang jelas baru bisa kembali diusulkan untuk perbaikan ke pusat. Sebelum difungsikan kita harus perbaiki terlebih dahulu aset-aset ada yang rusak dan hilang,” ucapnya.

Budiasa mengaku beberapa program sudah dirancang ke Dinas PU setelah adanya perbaikan, termasuk juga fasilitas pendukungnya baru bisa bergerak.
Pihaknya hanya perlu memikirkan anggaran untuk pemeliharaan termasuk tenaga ini terlebih dahulu yang diusahakan. “Kita belum bisa memanfaatkan, selain itu anjungan tersebut belum bisa memberi manfaat apa-apa. Kalau sudah diperbaiki baru bisa kita pikirkan kedepannya,” terangnya. (120)